.

.

Laman

Tuesday, 13 September 2016

Vonis Rehabilitasi tidak Otomatis Ofi Langsung Kembali Jadi Bupati

Hilmin, anggota DPRD Ogan Ilir fraksi Partai Demokrat. (Sumber gambar : google)
PENESAK (INDERALAYA) - Fraksi Demokrat DPRD Kabupaten Ogan Ilir (OI), Hilmin SPd MPdI memberikan pandangan, bahwa putusan hukuman 6 bulan rehabilitasi terhadap Bupati OI Non Aktif AW Nofiadi (Ofi), tidak secara otomas Ofi langsung kembali menjabat kepala daerah.

Akan tetapi, lanjut Hilmin, hasil persidangan itu, tentu akan ditindaklanjuti oleh Mendagri. 


"Kita tunggu dulu apa yg akan dilakukan oleh Mendagri. Mengingat bahwa sampai 18 september nanti Ofi sudah enam bulan tidak lagi menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai kepala daerah," ujar Hilmin.

Maka dari itu, dijelaskan Hilmin, berdasarkan pasal 78 UU Pemda Nomor 23 tahun 2014 pemberhentian kepala daerah dan wakil kepala daerah, diberhentikan karena tidak dapat melaksanakan tugas secara berkelanjutan atau berhalangan tetap secara berturut-turut selama 6 bulan.

"Kendati begitu, yang pastinya Demokrat masih menunggu keputusan Mendagri. Karena, yang mengangkat dan memberhentikan kepala daerah sepenuhnya merupakan kewenangan Mendagri," jelasnya, seperti dilansir tribunnews.

Sementara itu, juru bicara fraksi partai Golkar DPRD OI Ir H Endang PU Ishak ketika dikonfirmasi menuturkan, pada prinsipnya partai Golkar tetap menghormati hasil dari proses hukum dan meminta semua pihak untuk menghormati apapun yang menjadi keputusan hukum itu sendiri.

"Yang jelas, prinsip kita tetap hormati hukum dan sehingga kita berharap semua pihak tetap menghormati apapun yang menjadi keputusan hukum itu sendiri," kata Endang.

No comments:

Post a Comment